Kamis, 12 Maret 2015

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Belajar merupakan salah satu kegiatan penting dan wajib dalam kehidupan. Dalam hadits, Nabi SAW bersabda “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”. Istilah belajar sering di kaitkan dengan istilah menuntut ilmu, sedang dewasa ini kegiatan menuntut ilmu terkonsep pada istilah pendidikan. Pendidikan dalam arti luas tidak hanya terbatas pada instansi formal yang menyelenggarakan pendidikan saja. Pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan. Salah satu sumber yang sangat penting tetapi bukan adalah perpustakaan. Dengan demikian kedudukan perpustakaan pada jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah, sangat vital. Meskipun demikian, perpustakaan bukanlah satu-satunya sumber belajar. Kali ini penulis ingin melaporkan kegiatan di sumber belajar yang belum banyak dibahas, yaitu masjid.

            Masjid sedikit berbeda dengan perpustakaan dalam pandangan koleksi sumber belajar. Jika dalam perpustakaan koleksi sumber belajar sebagian besar berasal dari koleksi tercetak dan bersifat umum maka dalam masjid sebagian besar sumber belajar yang digunalan adalah penuturan ustad/kiyai sehingga bersifat abstrak dan sebagian besar membahas seputar agama.
Dalam hal ini kami melakukan observasi pada sumber belajar di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang. Pembelajaran yang dilakukan di masjid ini sangatlah beragam dan intensifitasnya setiap hari. Dalam pengelolaanya juga dikelola oleh banyak pihak, diantaranya adalah pihak kampus dan mahasiswa. Kajian Islam dan Al-Quran menjadi dasar pembelajaran di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang. Kegiatan yang dilakukan juga sebagian besar untuk umum sehingga siapa saja yang ingin belajar di sini tidak perlu direpotkan akan pendaftaran keanggotaan seperti di perpustakaan.
Untuk kedepannya, diharapkan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di manapun dan kapanpun, karena hakikat belajar adalah sepanjang hayat.

1.2 Perumusan Masalah
Dalam observasi ini kami rumuskan permasalahnya sebagai berikut:
  1.       Apakah hakikat belajar?
  2.       Apakah hakikat pusat sumber belajar?
  3.    Bagaimana identitas Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang?
  4.    Bagaimana kegiatan pembelajaran di PSB Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang?


1.3Tujuan Penulisan Makalah
  1.    Mengetahui hakikat belajar.
  2.      Mengetahui hakikat pusat sumber belajar.
  3.      Mengetahui identitas Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang.
  4.      Mengatahui kegiatan pembelajaran di PSB Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang. 

1.4 Manfaat Kegiatan

Bagi Penulis

Penulisan laporan ini sangat bermanfaat bagi penulis karena selain sebagai salah satu syarat dalam penyelesaian tugas, penulisan ini juga bermanfaat sebagai media dalam pengembangan kemampuan penulis khususnya dalam bidang observasi dan penulisan karya ilmiah.


Bagi PSB Masjid Al Hikmah
          Penulisan laporan ini dapat digunakan sebagai referensi, penilaian, bahan evaluasiv, dan media penyebaran informasi untuk kemajuan PSB kedepannya.
3     
      Bagi Masyarakat Akademis
  Penulisan laporan ini dapat digunakan sebagai bahan bacaan dan bahan referensi penulisan laporan kegiatan sejenis guna meningkatkan kualitas sumber daya Masyarakat Indonesia.






BAB   II
PEMBAHASAN

2.1 Hakikat Belajar
Menurut Winkel, (dalam artikel Pengertian Belajar Menurut Ahli: belajarpsikologi.com) belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan pemahaman.
Menurut Ernest R. Hilgard (dalam artikel Pengertian Belajar Menurut Ahli: belajarpsikologi.com) belajar merupakan proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Sifat perubahannya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat situasi sesaat, seperti perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk, dan sebagainya.
Sedangkan Pengertian Belajar menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977 (dalam artikel Pengertian Belajar Menurut Ahli: belajarpsikologi.com), belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.
Moh. Surya (dalam artikel Pengertian Belajar Menurut Ahli: belajarpsikologi.com) menjelaskan definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan yang bisa diambil dari kedua pengertian di atas, bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.
Dari beberapa pengertian belajar di atas maka dapat disimpulkan bahwa belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan sebelum belajar. Jadi belajar itu tidak hanya berkutat pada buku saja melainkan semua hal.


2.2 Hakikat Pusat Sumber Belajar
Belajar adalah suatu proses yang kompleks dan terjadi pada semua orang serta berlangsung seumur hidup. Konsep belajar adalah mengingat, belajar adalah memahami, belajar adalah menerapkan (melakukan, keterampilan, praktik), dan belajar adalah pengembangan diri. Pada hakikatnya, alam semesta ini merupakan sumber belajar bagi manusia sepanjang masa. Dan Sesungguhnya sumber belajar itu banyak jenisnya. Hakikat dari PSB adalah terpusat kepada peserta didik, dalam rangka mengembangkan kepribadiannya dan untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran tertentu, misalnya interaksi belajar dalam kelompok kecil, belajar mandiri, belajar bebas dan sebagainya.
Pusat sumber belajar atau resources centre atau learning Resources centre segala sesuatu yang berbentuk sebuah ruangan sampai dengan suatu bangunan yang rumit yang didisain secara teratur dan khusus dengan tujuan untuk menyimpan, merawat, mengembangkan koleksi sumber belajar baik yang berbentuk bahan cetak maupun bahan non cetak oleh pelajar baik secara individual baik secara individual maupun dalam kelompok kecil, fakultas, sekolah atau akademi. Pusat sumber belajar yang terkadang diberi nama lain seperti laboratorium alat bantu belajar.
            PSB merupakan bentuk bangunan mulai dari yang sederhana sampai bangunan rumit dan lengkap. PSB ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia sehingga proses belajar terjadi.
             Dengan demikian PSB merupakan wahana yang memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses pembelajaran, dimana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.

2.3 Masjid Al Hikmah
Komplek Masjid Al-Hikmah terletak di Jl. Ambarawa di dalam kampus I UM dirintis mulai tahun 1960-an dan resmi berdiri sehingga dapat dipergunakan secara memadai pada tahun 1981. Komplek masjid ini menempati areal tanah seluas sekitar 3.000 m2 terdiri atas bangunan induk masjid dengan luas lantai total 900 m2 (belum termasuk lantai 2) dan perpustakaan 300 m2.
Masjid ini memiliki berbagai kegiatan baik yang bersifat rutin maupun yang bersifat incidental. Kegiatan ini antara lain bekerjasama dengan Takmir BDM Al-Hikmah dan Pelaksana Mata Kuliah Universitas Pelaksana Kehidupan Beragama (Seksi Islam) mengadakan TDI (Tafaquh Fi Dinil Islam) seminggu sekali tiap hari Sabtu pagi yang diikuti oleh Mahasiswa yang sedang menempuh kuliah agama Islam. Pihak Takmir menyelenggarakan kegiatan rutin peribadatan yakni sholat Jum’at dan sholat lima waktu.

2.4 Kegiatan Pembelajaran di Masjid Al Hikmah
Berdasarkan hasil observasi kami, Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang merupakan salah satu contoh pusat sumber belajar karena memenuhi syarat untuk dikatakan sebagai pusat sumber belajar. Kegiatan pembelajaran di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang sebagian besar mengkaji agama, namun selain itu juga menyinggung sedikit permasalahan negara melalui kacamata Islam.
Kegiatan pembelajaran di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dikelola oleh pihak kampus dan mahasiswa. Kegitan yang dilakukan bersifat tahunan dan juga insentif harian. Dalam makalah ini kami hanya mencantumkan kegiatan harian saja karena dalam pelaksanaan observasi kami tidak bertepatan dengan kegiatan tahunan.
Kegiatan pembelajaran harian di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dikelola oleh pihak kampus dan mahasaiswa. Pihak kampus melalui Yayasan Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang, dan pihak mahasiswa melalui UKM. UKM yang kerap mengelola dan berkegiatan di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang ada dua, yaitu UKM BDM Al Hikmah dan UKM ASC.

2.4.1 Kegiatan yang Dikelola Yayasan Masjid
Kegiatan harian yang di kelola Yayasan Masjid diantaranya yaitu kajian setelah sholat dhuhur. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis. Bertempat di aula Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dengan peserta jamaah sholat dhuhur yang terdiri dari mahasiswa, karyawan universitas, dan umum. Pembahasannya pun beragam dan kebanyakan menyesuaikan dengan berita yang hangat saat ini dengan dipandang melalui prespektif Islam.

2.4.2 Kegiatan yang Dikelola UKM BDM
            Kegiatan yang dikelola UKM BDM dapat dilihat dalam tabel berikut.
Tabel 2.1 Kegiatan PSB
No
Nama Kegiatan
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu
1
Kalam Hikmah
PSSI
PSSI
Kalam Hikmah
PSSI
TDI
2
Buka Bersama
Buka Bersama
dok. Penulis
Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin dengan penjabarannya sebagai berikut:
            Kalam Hikmah, Kalam Hikmah merupakan akronim dari Kajian Islam Al Hikmah. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis di serambi depan Kalam Hikmah. Peserta kajian bersifat umum namun kebanyakan yang menjadi peserta adalah mahasiswa. Kajian kegiatan ini pada hari Senin mengkhususkan untuk mengkaji kitab Riyadus Sholihin sedang hari Kamis bersifat tematik. Berikut adalah gambar sewaktu kegiatan.


dok. pribadi
Gambar 2.1 Kalam Hikmah Senin

 dok. pribadi
Gambar 2.2 Kalam Hikmah Kamis

Kegaiatan Kalam Hikmah ini dimulai pukul 16.00 WIB dan smelesai sebelum waktu azan Maghrib. Selelah Sholat Maghrib berjamaah dilanjutkan dengan kegiatan buka bersama.
PSSI, PSSI merupakan akronim dari Pembinaan Sebelum Sholat Isya. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini dilaksanakan setelah Sholat Maghrib hingga menjelang waktu Isya pada hari Selasa, Rabu, dan Jumat. PSSI dilaksanakan di aula Suffah Al Ghifari, ruang depan Imaman. Untuk peserta, PSSI bersifat umum karena kajiannya juga umum, namun kebanyakan masih didominasi oleh mahasiswa. Jadwal kegiatan PSSI meliputi, Belajar Bahasa Arab ada hari Selasa, Hafalan Hadist pada hari Rabu, dan Ilmu Tajwid pada hari Jumat. Berikut adalah foto kegitan.

dok. pribadi
Gambar 2.3 PSSI Bahasa Arab

dok. pribadi
Gambar 2.4 PSSI Hafalan Hadist

TDI, TDI merupakan akronim dari Tsafaquh fii Dinil Islam, kegitan ini merupakan kegiatan kampus yang terintegrasi dalam matakuliah PAI, sehingga bagi mahasiswa yang mengambil matakuliah PAI wajib juga mengikuti kegiatan TDI. Kegiatan ini dilakasa setiap hari Sabtu bertmpat di aula Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang pukul 06.30 WIB. Untuk pengelola kegiatan ini oleh pihak kamus diserahkan kepada UKM BDM. Berikut adalah foto kegiatan TDI.

 dok. pribadi
Gambar 2.5 TDI

2.4.3 Kegiatan yang Dikelola UKM ASC
            Dalam pengelolaan kegiatan di Masjid al Hikmah, Universitas Negeri Malang, UKM ASC mengelola kegiatan BBQ (Belajar Baca Al Quran) yang juga terintegrasi dalam matakuliah PAI, namun berbeda dengan TDI. Jika TDI hukumnya wajib bagi semua mahasiswa penempuh matakuliah PAI, BBQ hanya dikhususkan bagi mahasiswa yang memiliki nilai B dalam baca Al Quran. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Sabtu setelah kegiatan TDI. Kegitan ini dilakukan dengan cara membentuk kelompok-kelompok dan dengan metode tentoring. Berikut adalah foto kegiatan.

dok. pribadi
Gambar 2.6 BBQ

            Dari ketiga pihak pengelola kegiatan di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dikoordinir oleh Yayasan Masjid. Sehingga setiap ada yang ingin mengadakan kegiatan di masjid harus melengkapi surat perijinan pada Yayasan Masjid.

2.5 Kelebihan dan Kekurangan PSB Masjid Al Hikmah
            Kelebihan yang dimiliki PSB Masjid Al Hikmah dianaranya: (1) Tempat yang nyaman. (2) Pelaksanaan kegiatan yang rutin dan tepat waktu. (3) Memiliki fasilitas yang lengkap, seperti; (a) tempat parkir, (b) kamar kecil, (c) tempat istirahat, (d) perpustakaan masjid. (4) Tentor yang ramah dan menyenangkan. Dan (4) pengkoordiniran kegiatan yang baik.
            Kekurangan dari PSB ini adalah belum lengkapnya koleksi bahan pustaka yang dimiliki dan keamanan tempat yang belum sepenuhnya terjamin. Banyak jamaah yang sering kehilangan saat sholat dan istirahat di Masjid Al Hikmah.




BAB III
PENUTUP

1.1  Kesimpulan
Belajar adalah semua aktivitas mental atau psikis yang dilakukan oleh seseorang sehingga menimbulkan perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan sebelum belajar.
PSB merupakan wahana yang memberikan fasilitas atau kemudahan pada proses pembelajaran, dimana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan pembelajaran.
Komplek Masjid Al-Hikmah terletak di Jl. Ambarawa di dalam kampus I UM dirintis mulai tahun 1960-an dan resmi berdiri sehingga dapat dipergunakan secara memadai pada tahun 1981. Komplek masjid ini menempati areal tanah seluas sekitar 3.000 m2 terdiri atas bangunan induk masjid dengan luas lantai total 900 m2 (belum termasuk lantai 2) dan perpustakaan 300 m2.
Kegiatan pembelajaran harian di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang dikelola oleh pihak kampus dan mahasaiswa. Pihak kampus melalui Yayasan Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang, dan pihak mahasiswa melalui UKM. UKM yang kerap mengelola dan berkegiatan di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang ada dua, yaitu UKM BDM Al Hikmah dan UKM ASC.
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang secara umum membahas Islam dan peribadatannya yaitu; Kalam Hikmah, PSSI, TDI, BBQ, dan Kajian Setelah Sholat Dhuhur.

1.2  Saran
PSB Masjid Al Hikmah, Universitas Negeri Malang sangat bagus untuk memperdalam ilmu agama. Saat menjumpai persoalan kita dapat dengan mudah menanyakan solusinya pada saat kajian-kajian berlangsung. Untuk kedepannya diharapkan faktor-faktor yang menjadi kekurangan PSB ini dapat diatasi, salah satunya permasalahan keamanan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar